Jumat, 19 Desember 2014

Perbedaan Letak Engine dan Roda yang digerakan



Perbedaan Letak Engine dan Roda yang digerakan

assalamualaikum wr wb



Perbedaan letak engine dan roda yang digerakan ada lima yaitu :
1. FF (Front Engine Front Drive)
2.FR (Front Engine Rear Drive)
3. RR (Rear Engine Rear Drive)
4.ALL WD
5. Four Wheel Drive


1.     FF (Front Engine Front Drive) / engine di depan roda di depan
   Jenis penggerak ini banyak diaplikasikan pada kendaraan sedan, dimana power yang dihasilkan digunakan untuk akselerasi  dengan beban kendaraan dan daya angkut penumpang kecil/ tidak bisa terlalu berat
Keuntungan:
-Tidak memerlukan propeller shaft
-Akselerasi lebih cepat
-Penempatan mesin jauh dari kabin sehingga kebisingan dan getaran tidak mengganggu kenyamanan pengendara dan penumpang
Kerugian :
-Kontruksi transmisi lebih rumit karena differensial menyatu
-Power kurang kuat untuk beben berat dan jalan menanjak

2.     FR (Front Engine Rear  Drive)/ engine depan grakan  roda belakang
Jenis ini paling banyak di aplikasikan pada beberapa jenis kendaraan baik Sedan,SUV,MPV,BUS,TRUK, dll.
Keuntungan:
-Kontruksi mesin tidak begitu rumit, shg biaya tidak mahal
-Perbaikan pada satu komponen power train tidak mengganggu komponen lainnya
-Penempatan mesin dapat diatur sesuai bentuk kendaraan

Kerugian :
Memerlukan propeler untuk meneruskan tenaga putaran dari output shaft transmisi ke diferential

3.     RR (Rear engine Rear Drive)/ engine belakang gerakan  roda belakang  Jenis ini banyak diterapkan pd kendaraan sedan lama dan BUS karena                    kemampuanya berakselerasi pada jalan yang berat

Keuntungan:
-Tidak memerlukan propeler shaft
-Ditempatkan jauh dari ruang kemudi
-Kemampuan pada jalan yang menanjak lebih baik

Kerugian:
-Kontuksi transmisi lebih rumit
-Kurang cukup baik untuk berakselerasi di jalan mendatar


4.     ALL WD (All Wheel Drive)
Sistem pada kendaraan dimana keempat rodanya dapat digerakan , pada jenis ini hanya diaplikasikan pada kendaraan sedan. Pada jenis ini penggerak utamanya pada roda-roda depan sehingga kendaraan lebih agresif pada permukaan jalan yg tidak menanjak


5.     4WD (Four Wheel Drive)
Sistem ini hampir sama dengan ALL WD hanya penggerak utamanya terletak pada roda belakang kendaraan. Pada kondisi jalan yang jelek pengunci akan mengunci roda depan shg roda depan akan ikut berputar, kondisi ini biasanya dilakukan pada saat kendaraan melewati kondisi jalan yg berat. Jenis ini banyak digunakan pada kendaraan JEEP dan kendaraan berat seperti kendaraan proyek- proyek pertambangan

oke itu saja yang bisasaya sampaikan..

semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar