Perbedaan Letak
Engine dan Roda yang digerakan
assalamualaikum wr wb
Perbedaan letak engine dan roda yang
digerakan ada lima yaitu :
1. FF (Front Engine Front Drive)
2.FR (Front Engine Rear Drive)
3. RR (Rear Engine Rear Drive)
4.ALL WD
5. Four Wheel Drive
1. FF
(Front Engine Front Drive) / engine di depan roda di depan
Jenis penggerak ini banyak diaplikasikan
pada kendaraan sedan, dimana power yang dihasilkan digunakan untuk akselerasi dengan beban kendaraan dan daya angkut
penumpang kecil/ tidak bisa terlalu berat
Keuntungan:
-Tidak memerlukan propeller shaft
-Akselerasi lebih cepat
-Penempatan mesin jauh dari kabin
sehingga kebisingan dan getaran tidak mengganggu kenyamanan pengendara dan
penumpang
Kerugian :
-Kontruksi transmisi lebih rumit karena
differensial menyatu
-Power kurang kuat untuk beben berat dan
jalan menanjak
2. FR
(Front Engine Rear Drive)/ engine depan
grakan roda belakang
Jenis ini paling
banyak di aplikasikan pada beberapa jenis kendaraan baik
Sedan,SUV,MPV,BUS,TRUK, dll.
Keuntungan:
-Kontruksi mesin tidak begitu
rumit, shg biaya tidak mahal
-Perbaikan pada satu komponen
power train tidak mengganggu komponen lainnya
-Penempatan mesin dapat diatur
sesuai bentuk kendaraan
Kerugian :
Memerlukan propeler untuk
meneruskan tenaga putaran dari output shaft transmisi ke diferential
3. RR
(Rear engine Rear Drive)/ engine belakang gerakan roda belakang
Jenis ini banyak diterapkan pd kendaraan sedan lama dan BUS karena kemampuanya berakselerasi
pada jalan yang berat
Keuntungan:
-Tidak memerlukan propeler shaft
-Ditempatkan jauh dari ruang kemudi
-Kemampuan pada jalan yang menanjak
lebih baik
Kerugian:
-Kontuksi transmisi lebih rumit
-Kurang cukup baik untuk berakselerasi
di jalan mendatar
4. ALL
WD (All Wheel Drive)
Sistem pada kendaraan dimana keempat
rodanya dapat digerakan , pada jenis ini hanya diaplikasikan pada kendaraan
sedan. Pada jenis ini penggerak utamanya pada roda-roda depan sehingga kendaraan
lebih agresif pada permukaan jalan yg tidak menanjak
5. 4WD
(Four Wheel Drive)
Sistem ini hampir sama dengan ALL WD
hanya penggerak utamanya terletak pada roda belakang kendaraan. Pada kondisi
jalan yang jelek pengunci akan mengunci roda depan shg roda depan akan ikut
berputar, kondisi ini biasanya dilakukan pada saat kendaraan melewati kondisi
jalan yg berat. Jenis ini banyak digunakan pada kendaraan JEEP dan kendaraan
berat seperti kendaraan proyek- proyek pertambangan
oke itu saja yang bisasaya sampaikan..
semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar