KOMPONEN- KOMPONEN UNIT KOPLING
ASSALAMUALAIKUM WR WB
Ok,, kali ini saya akan
membahas tentang komponen komponen unit kopling..gak usah basa basi yah
langsung sajah simak di bawahdengan teliti.. :D
1. COVER
CLUTCH
Cover clutch terikat/terpasang pada fly
wheel , pada saat kita mengencangkan ikatannya sama artinya kita sedang
memperkuat tekanan disk clutch oleh preasure clutch ke fly wheel. Berdasarkan
bentuknya cover clutch terbentuk menjadi 2 macam, yaitu :
a) Cover
Clutch Tipe Coil Spring
Keuntungan :
-Penekanan terhadap plat kopling kuat
Kerugian :
-Tenaga untuk menekan plat kopling berat
-Kontruksinya rumit shg harganya mahal
b) Cover
Clutch Tipe Diafragma
Diafragma spring berfungsi sebagai
pengungkit, pada saat realise bearing menekan diafragma ujung diafragma akan
menarik keluar preasure clutch
Keuntungan :
-Tenaga penekanan ringan
-Penekanan plat kopling lebih merata
-Tenaga pegas tidak berkurang oleh
adanya gaya sentrifuga
Kerugian ;
-Penekanan pada plat kopling kecil
2. O
– RING
Berfungsi sebagai titik tumpu dan
Pengikat diaphragma ke cover clutch
3. PREASURE
CLUTCH
Terbuat dari baja cor yg kokoh dan rata
permukaanya.
Berfungsi untuk menekan disk clutch
dengan kuat dan merata ke fly wheel
4. FACING
Terbuat dari asbes dan serat
nilon.Berfungsi sebagai bidang gesek dan peredam putaran dari fly wheel yg akan
diteruskan ke input shaf transmisi melalui clutch hub
4 ALASAN KITA MENGGANTI FACING
1.Aus
2.Facing Kebakar
3.Sudah licin terkena oli/minyak
4.Aus tidak merata (facing bergelombang)
5. CUSHION
Komponen ini berfungsi untuk mengikat
facing dengan disk plate untuk memperlembut saat kopling berhubungan
6. DISC
CLUTCH
Berfungsi sebagai dudukan/tempat
komponen disc clutch seperti facing,cushion plate,tursion damper
7. SEPRING
DAMPER/TORSION DAMPER
Berfungsi untuk meredam kejutan pada
saat kopling berhubungan
8. CLUTCH
HUB
Untuk meneruskan yg dibaca oleh disc
plate ke input shaf tranmisi
Itu saja yang bias saya
sampaikan..kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar