Jumat, 19 Desember 2014

KOMPONEN- KOMPONEN UNIT KOPLING ASSALAMUALAIKUM WR WB Ok,, kali ini saya akan membahas tentang komponen komponen unit kopling..gak usah basa basi yah langsung sajah simak di bawahdengan teliti.. :D 1. COVER CLUTCH Cover clutch terikat/terpasang pada fly wheel , pada saat kita mengencangkan ikatannya sama artinya kita sedang memperkuat tekanan disk clutch oleh preasure clutch ke fly wheel. Berdasarkan bentuknya cover clutch terbentuk menjadi 2 macam, yaitu : a) Cover Clutch Tipe Coil Spring Keuntungan : -Penekanan terhadap plat kopling kuat Kerugian : -Tenaga untuk menekan plat kopling berat -Kontruksinya rumit shg harganya mahal b) Cover Clutch Tipe Diafragma Diafragma spring berfungsi sebagai pengungkit, pada saat realise bearing menekan diafragma ujung diafragma akan menarik keluar preasure clutch Keuntungan : -Tenaga penekanan ringan -Penekanan plat kopling lebih merata -Tenaga pegas tidak berkurang oleh adanya gaya sentrifuga Kerugian ; -Penekanan pada plat kopling kecil 2. O – RING Berfungsi sebagai titik tumpu dan Pengikat diaphragma ke cover clutch 3. PREASURE CLUTCH Terbuat dari baja cor yg kokoh dan rata permukaanya. Berfungsi untuk menekan disk clutch dengan kuat dan merata ke fly wheel 4. FACING Terbuat dari asbes dan serat nilon.Berfungsi sebagai bidang gesek dan peredam putaran dari fly wheel yg akan diteruskan ke input shaf transmisi melalui clutch hub 4 ALASAN KITA MENGGANTI FACING 1.Aus 2.Facing Kebakar 3.Sudah licin terkena oli/minyak 4.Aus tidak merata (facing bergelombang) 5. CUSHION Komponen ini berfungsi untuk mengikat facing dengan disk plate untuk memperlembut saat kopling berhubungan 6. DISC CLUTCH Berfungsi sebagai dudukan/tempat komponen disc clutch seperti facing,cushion plate,tursion damper 7. SEPRING DAMPER/TORSION DAMPER Berfungsi untuk meredam kejutan pada saat kopling berhubungan 8. CLUTCH HUB Untuk meneruskan yg dibaca oleh disc plate ke input shaf tranmisi Itu saja yang bias saya sampaikan..kurang lebihnya saya mohon maaf Wassalamualaikum wr wb



KOMPONEN- KOMPONEN UNIT KOPLING

ASSALAMUALAIKUM WR WB
Ok,, kali ini saya akan membahas tentang komponen komponen unit kopling..gak usah basa basi yah langsung sajah simak di bawahdengan teliti.. :D
1.      COVER CLUTCH
Cover clutch terikat/terpasang pada fly wheel , pada saat kita mengencangkan ikatannya sama artinya kita sedang memperkuat tekanan disk clutch oleh preasure clutch ke fly wheel. Berdasarkan bentuknya cover clutch terbentuk menjadi 2 macam, yaitu :
a)      Cover Clutch Tipe Coil Spring
Keuntungan :
-Penekanan terhadap plat kopling kuat
Kerugian :
-Tenaga untuk menekan plat kopling berat
-Kontruksinya rumit shg harganya mahal
b)      Cover Clutch Tipe Diafragma
Diafragma spring berfungsi sebagai pengungkit, pada saat realise bearing menekan diafragma ujung diafragma akan menarik keluar preasure clutch
Keuntungan :
-Tenaga penekanan ringan
-Penekanan plat kopling lebih merata
-Tenaga pegas tidak berkurang oleh adanya gaya sentrifuga
Kerugian ;
-Penekanan pada plat kopling kecil
2.      O – RING
Berfungsi sebagai titik tumpu dan Pengikat diaphragma ke cover clutch
3.      PREASURE CLUTCH
Terbuat dari baja cor yg kokoh dan rata permukaanya.
Berfungsi untuk menekan disk clutch dengan kuat dan merata ke fly wheel
4.      FACING
Terbuat dari asbes dan serat nilon.Berfungsi sebagai bidang gesek dan peredam putaran dari fly wheel yg akan diteruskan ke input shaf transmisi melalui clutch hub
4 ALASAN KITA MENGGANTI FACING
1.Aus
2.Facing Kebakar
3.Sudah licin terkena oli/minyak
4.Aus tidak merata (facing bergelombang)

5.      CUSHION
Komponen ini berfungsi untuk mengikat facing dengan disk plate untuk memperlembut saat kopling berhubungan
6.      DISC CLUTCH
Berfungsi sebagai dudukan/tempat komponen disc clutch seperti facing,cushion plate,tursion damper
7.      SEPRING DAMPER/TORSION DAMPER
Berfungsi untuk meredam kejutan pada saat kopling berhubungan
8.      CLUTCH HUB
Untuk meneruskan yg dibaca oleh disc plate ke input shaf tranmisi

Itu saja yang bias saya sampaikan..kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar