kalo sudah yuhh waca..
kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengecek komponen alternator dan regulator...
ALTERNATOR
alternator adalah komponen pengisian yg berfungsi sbg alat untung merubah gaya mekanik menjadi gaya listrik..
kalo komponen" alternator kalian mingkin udah pada tau.. tapi kalo belum silakan menuju ke sini Komponen Aternator Mobil
yg di cek di alternator antara lain sbb..
1.rotor
a.periksa terputusnya sirkuit rotor
menggunakan multitester,periksa kontinyuitas antar slip ring..jika tidak ada brarti rusak
tahanan: 3,9-4,1 ohm
b.periksa kemungkinan hubungan kemasa
periksa kontinyuitas antara slip ring dengan rotor,jika ada hubungan brarti rusak.
2.stator
a.periksa terputusnya sirkuit stator
dengan menggunakan multitester, periksa antar kabel kumparan,,jika tidak ada hubungan brarti rusak..
b.periksa kemungkinan hubungan ke masa
periksa ujung kumparan dngan stator core.jika ada hubungan brarti rusak
3.rectifier
a.periksa kebocoran dioda
1.dioda positif
dngan menggunakan miltitester, hubungkan kabe merah ke positif dioda (baud panjang) dang yg hitam di ujug ujung terminal dioda yg kecil (centil centil dua) seharusnya ada hubungan
dan jika kabel di balik tidak ada hubungan..

2.dioda positif
dngn multi tester ,hubungkan kabel merah di terminal dioda yg kecil dan kabel hitam di terminal dioda negtif (baud agak panjang) seharusnya ada hubungan
dan jika kabel di balik penempatan'a tidak ada hubungan..
membedakan diodan positif dan negatif
dioda positif: baud panjang,,permukaan dioda yg melingkar jg lebih panjang
dioda negatif:baud agak panjang,,permukaan yg melingkar pendek
4.slip ring
dngn menggunakan jangka sorong, ukur diameter slipring,.diameter std: 32,3-32,6 mm diameter min 32,1 mm
dngn menggunakan visual.periksa permikaan slipring,, aus/kasar apa tidak

5.bearing
dngn visual perika dari kemungkinan kicak,putaran kasar dll6.brush (sikat)
ukur panjang sikat yg keluar,,
standar; 12,5 mm min; 5,5
dan dngn menggunakan tangan periksa kerja pegas,,
REGULATOR
1.Berfungsi untuk meng hidup dan matikan lmpu tanda pengisian
2.mengatur besar kecilnya arus yg masuk ke alternator
mempuyai 2 voltage yaitu voltage regulator dan voltage relay
voltage regulator mempunyai RESISTOR dan dngn simbol PL jika voltage relay dngn simbol P
cara mengecek';
1. terminal IG DAN F
ADA 3 CARA PENGUKURAN
1.PL0 Nempel dngn PL1 (0 ohm)2.PL0 nmpel dngn PL2 (tak ada hubungan)
3.PL0 diantara PL1 dan PL2 (11 ohm)
2.terminal E dan L
ada 2 cara
1.P0 nempel dng P1 (0 ohm)2.P0 nmpl dngn P2 (100)
3.terminal B dan E
ada 2 cara
1.P0 nmpl dngn P1 (tak ada)2.P0 nmpl dngn P2 (100 ohm)
4.terminal B dan L
ada 2 cara
1.P0 nmpl dngn P1 (tak ada)2.P0 nmpl dngn P2(0 ohm)
11 komentar:
mantap gan informasinya. . . . ,
oke makasih :)
Ijin share
Kenapa dibalikan tidak ada hubungan?
sangat membantu, makasih min
solder uap
Krna Searah.
Om mau tanya, kalau dioda alternatornya short apakah bisa menjadi penyebab adanya kebocoran arus di mobil? soalnya sebelum servis alternator, ga ada kebocoran arus,,, tp skrg accu mobil jd teKor terus,,
Klu dioda di tes pakai multi meter di bolak balik tidak ada arus sama sekali. Apakah masih bagus / rusak ?
Cara mengecek dioda pada dinamo amper ragasa bagaimana boz
Terima kasih ilmu ya gan
My Testimony Hello everyone. Am here to testify how I got my loan from Mr. Benjamin after I applied several times from various loan lenders who promised to help but they never gave me the loan. Until a friend of mine introduced me to Mr.Benjamin Lee promised to help me and indeed he did as he promised without any form of delay.I never thought there are still reliable loan lenders until I met Mr. Benjamin Lee, who indeed helped with the loan and changed my belief. I don't know if you are in any way in need of a genuine and urgent loan, Be free to contact Mr. Benjamin via WhatsApp +1-989-394-3740 and his email: 247officedept@gmail.com thank you.
Posting Komentar